triwulan i tahun 2014 bank jatim menunjukkan pencapaian kinerja yang tumbuh signifikan

Date: 28 april 2014

Kategori : Semua Berita, Semua Berita


Kinerja Bank Jatim Q1-2014
Hingga memasuki triwulan pertama di tahun 2014, Bank Jatim terus menunjukkan kinerja yang terus tumbuh secara signifikan. Hal ini terlihat dari perolehan laba sebelum pajak yang berhasil dibukukan Perseroan mencapai Rp 426.565 juta, naik sebesar 41,75% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Disamping peningkatan laba yang tumbuh signifikan, indikator keuangan Bank Jatim lainnya pada triwulan I tahun 2014 ini juga menunjukkan kinerja baik. Seperti  total aset yang naik menjadi Rp35.464.167 juta, atau tumbuh 8,86 % (YoY), hal ini dipengaruhi dari kemampuan Bank Jatim dalam menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mengalami kenaikan cukup tinggi yaitu sebesar Rp28.204.524 juta, atau naik 10,00% (YoY).

Sementara dari sisi penyaluran kredit Bank Jatim mampu membukukan sebesar Rp22.683.940 juta, atau naik 20,62% (YoY), pertumbuhan dari sisi penyaluran kredit ini berakibat pada tinggi pula Pendapatan Bunga yang diperoleh Bank Jatim yakni sebesar Rp930.967 juta, atau naik 29,28% (YOY), sehingga secara langsung berdampak pula pada tumbuhnya Laba Operasional menjadi Rp419.036 juta, atau naik 40,25% (YOY), dan Laba Bersih sebesar Rp312.195 juta, atau naik 43,09% (YOY).

Direktur Utama Bank Jatim Hadi Sukrianto dalam pemaparan Kinerja Keuangan Perseroan di Jakarta (25/4) mengatakan, Kinerja baik yang terus dibukukan Bank Jatim sampai kuartal pertama di tahun 2014 ini membuat Bank Jatim semakin optimis untuk mencapai target hingga akhir tahun nanti.

“Bank Jatim terus berupaya meningkatkan kinerja sebaik mungkin, pencapaian yang berhasil dibukukan pada kuartal pertama di tahun 2014 ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja seiring misi menjadi BPD Regional Champion di akhir tahun ini, “kata Hadi.

Optimisme yang disampaikan oleh Manajemen tersebut, tentu harus ditopang oleh berbagai faktor pendukung lainnya agar dapat tercapai dengan baik. Seperti penambahan jumlah jaringan kantor, pengembangan produk dan layanan, hingga penerapan rencana bisnis dengan baik.

Hingga Maret 2014 Bank Jatim telah memiliki jaringan kantor sebanyak 1089 titik layanan yang terdiri dari 1 Kantor Pusat, 42 Kantor Cabang, 129 Cabang Pembantu, 160 Kantor Kas, 47 Kantor layanan Syariah, 154 Payment Point, 59 Kas Mobil, 6 Mobil ATM, 490 ATM, 1 CDM.

Sebagai upaya untuk terus menunjukkan kinerja menjadi lebih baik seiring memasuki tahun 2014, Bank Jatim memiliki Bussines Plan unggulan agar dapat mencapai misi menjadi BPD Regional Champion di tahun 2014. Diantaranya menambah jumlah jaringan operasional, fokus kepada UMKM dengan mengembangkan unit mikro Bank Jatim, serta pengembangan produk dan layanan berbasis IT yang lebih beragam untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah.

“Rencana Bisnis Bank Jatim yang sedang dijalankan ditahun 2014 ini membawa keyakinan kami untuk tetap memberikan kinerja terbaik kedepannya. Selain terus menambah jumlah jaringan dan fokus di segmen UMKM setelah adanya unit mikro, pengembangan produk dan layanan perbankan yang prima juga menjadi fokus kami untuk menyongsong menjadi BPD Regional Champion, “jelas Hadi Sukrianto, Direktur Utama Bank Jatim.
Adapun pengembangan produk Bank Jatim ditahun 2014 antara lain SMS Banking Bank Jatim 3366, Kartu Bank Jatim FLAZZ serta Internet Banking Bank Jatim, Priority Banking, Host to Host dan lain sebagainya. (pr/med)