Satu Misi Dalam Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Bank Jatim Fasilitasi Pertemuan Kerja Dengan Berbagai Pihak

Date: 05 agustus 2015

Kategori : Semua Berita


Pertemuan Kerja Bank Jatim

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) semakin serius mewujudkan misinya dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta ikut mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah. Seiring dengan komitmen pada amanah yang diembankan oleh Gubernur Jawa Timur agar dapat berkontribusi pada pembangunan daerah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, maka bankjatim terus melakukan berbagai langkah untuk dapat mewujudkannya.

Salah satu diantaranya bankjatim dengan turut mengundang Gubernur Jawa Timur mengadakan pertemuan kerja dengan berbagai pihak seperti Yayasan Damandiri, Paguyuban Rektor se-Jawa Timur, dan Bank UMKM Jawa Timur di Ruang Bromo Kantor Pusat bankjatim Jl Basuki Rahmat 98-104, Surabaya (5/8).

Acara pertemuan kerja tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara bankjatim, Yayasan Damandiri, dan Bank UMKM Jawa Timur perihal penyaluran kredit yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Direktur Utama bankjatim R Soeroso mengatakan pertemuan kerja dengan berbagai pihak ini adalah langkah nyata dari cita-cita semua pihak yang terkait untuk mewujudkan peningkatkan perekonomian ke arah yang lebih baik.

“Pertemuan ini adalah tindak lanjut dari kesamaan visi dan misi yang telah kita satukan dalam bentuk hubungan kerjasama yang belum lama ini terjalin, diharapkan dengan adanya pertemuan ini kedepannya sinergitas kerja dapat terjalin dengan baik diantara berbagai pihak sehingga tujuan untuk memberdayakan masyarakat kecil dapat tercapai dengan baik,” jelas Soeroso.

Dalam pertemuan kerja tersebut secara jelas dipaparkan fungsi dan peranan masing-masing instansi terkait program kerjasama yang di usung yaitu pemberdayaan keluarga melalui pengembangan wirausaha dan peningkatan usaha ekonomi produktif keluarga pada POSDAYA (Pos Pemberdayaan Keluarga) se-Jawa Timur.

Sebagaimana diketahui Yayasan Damandiri dengan berbagai program kerjanya terus fokus mewujudkan maksud dan tujuannya di bidang sosial dan kemanusiaan dengan aktif berperan dalam memberdayakan keluarga serta masyarakat yang tertinggal.

Bekerjasama dengan berbagai mitra seperti Perguruan Tinggi/Universitas, Lembaga Keuangan Bank dan Non-Bank, Organisasi Masyarakat, dan jajaran Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota), Yayasan Damandiri mencoba memberdayakan keluarga/masyarakat diseluruh pelosok daerah di Indonesia melalui POSDAYA.

Adapun dalam pelaksanaannya, pemberdayaaan keluarga melalui Posdaya di Jawa Timur dikerahkan tenaga akademisi dari berbagai universitas yang tergabung dalam Paguyuban Perguruan Tinggi di seluruh Jawa Timur, serta tidak kurang dari 103 Perguruan Tinggi lain termasuk Perguruan Tinggi Agama Islam di Jawa Timur dengan cara mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik POSDAYA. Dari program tersebut telah berhasil membentuk 12.939 POSDAYA diseluruh desa dan kampung-kampung serta Masjid di seluruh Jawa Timur.

Dari pertemuan kerja antara bankjatim, Yayasan Damandiri, Paguyuban Rektor se-Jawa Timur, serta Bank UMKM Jawa Timur ini diharapkan nantinya dapat memaksimalkan potensi POSDAYA yang telah ada tersebut untuk dibina dan diberdayakan lebih lanjut menjadi entrepreneur baru tingkat pedesaan yang mampu tumbuh menjadi motor penggerak perekonomian daerah melalui penyaluran kredit produktif dari bankjatim ataupun Bank UMKM Jawa Timur.

Bagi bankjatim sendiri dalam rangka meningkatkan penyaluran kredit produktif khususnya disektor mikro dan kecil, bankjatim akan memperluas akses keuangan kepada para pelaku usaha yang belum bankable sehingga tidak lagi terkendala dalam mengajukan pinjaman kepada bank.

Untuk mensukseskan program kerja ini, bankjatim juga turut mengundang seluruh Pemimpin Cabang bankjatim dalam acara pertemuan kerja, yang dimaksudkan agar program yang dirancang dapat langsung disosialisasikan serta diimplementasikan dengan baik. (pr/med)