Menjadi Host di acara EduExpo, Bank Jatim sukseskan literasi keuangan indonesia

Date: 25 april 2014

Kategori : Semua Berita


EduExpo Bank Jatim & OJK
Bank Jatim kembali dipercaya sebagai mitra Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan Literasi Keuangan kepada masyarakat Indonesia khususnya Jawa Timur dan sekitarnya. Setelah sukses melaksanakan acara literasi keuangan di berbagai daerah seperti Surabaya, Sidoarjo, dan Malang beberapa waktu yang lalu, kali ini Bank Jatim dipercaya oleh OJK sebagai Host dalam melakukan literasi keuangan dan pameran bersama lembaga keuangan lainnya yang dilaksanakan di Atrium Supermall Pakuwon Surabaya (24/4). Acara ini dihadiri langsung oleh Direksi Bank Jatim, OJK, Bank Indonesia dan Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta diikuti Bursa Efek Indonesia, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, Asosiasi Dana Pensiun, PT Pegadaian dan PERBARINDO.
Langkah ini dilakukan Bank Jatim sebagai bentuk dukungan atas upaya literasi keuangan yang sedang dijalankan oleh OJK agar masyarakat memahami produk-produk keuangan seperti perbankan, asuransi, instrumen pasar modal dan sebagainya. Sebagaimana diketahui, upaya literasi keuangan telah diupayakan oleh OJK kepada masyarakat sejak  diluncurkannya cetak biru pada tahun tanggal 19 November 2013. Rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia berdampak pada rendah pula tingkat penggunaan jasa keuangan di Indonesia oleh masyarakat. Oleh karena itu hal inilah yang menjadi pertimbangan OJK untuk mengedukasi dan memberikan perlindungan kepada konsumen. Apresiasi kepada Bank Jatim disampaikan oleh Irwan Lubis, Deputi Komisioner Pengawasan Perbankan III OJK bahwa Bank Jatim selalu siap berpartisipasi penuh dalam literasi keuangan yang dilakukan OJK.
Direktur Utama Bank Jatim Hadi Sukrianto mengatakan, Bank Jatim sangat menyambut baik ditunjuknya Bank Jatim sebagai Host penyelenggara dirangkaian acara literasi keuangan yang tengah dilakukan oleh OJK. “Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh OJK kepada Bank Jatim menjadi Host di acara ini. Sebagai lembaga keuangan, Bank Jatim memiliki tanggung jawab untuk mensukseskan program literasi keuangan kepada masyarakat agar memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk-produk keuangan“ kata Hadi.
Lebih lanjut Hadi menambahkan dengan adanya program ini diharapkan dapat mendukung pengembangan sektor jasa keuangan di Jawa Timur. “Sebagai lembaga keuangan yang berasal di Jawa Timur, diharapkan Bank Jatim dapat berperan serta mengembangkan perekonomian Indonesia untuk mengedukasi masyarakat agar dapat memanfaatkan jasa lembaga keuangan sehingga berdampak meningkatkan kesejahteraan bangsa,“ harap Hadi.
Untuk mengoptimalkan upaya literasi keuangan kepada masyarakat, acara ini turut dihadiri pula oleh pakar Financial Planner Ir. Benny Santoso, Mcom, CFP, QWP sebagai pembicara dalam seminar yang terbuka untuk umum, serta juga dimeriahkan oleh band pendukung dan pemberian doorprizes sebagai hiburan bagi pengunjung. Selain menjadi Host pameran bersama lembaga keuangan lainnya di Atrium Supermall Pakuwon Surabaya ini, Bank Jatim juga melakukan semiloka kepada masyarakat yang diwakili oleh Pemimpin Divisi Usaha Syariah Avantiono Hadianto yang diadakan di Hotel Sheraton Surabaya (22/4). Menurut Avantiono selain edukasi masyarakat terhadap produk keuangan konvensional, penting juga bagi masyarakat untuk mengetahui dan merencanakan keuangan yang berprinsip syariah. (cap)