bank jatim di investor summit 2012

Date: 05 desember 2012

Kategori : Semua Berita, Semua Berita


KERJASAMA Bank Jatim dengan Bank Indonsia (BI) patut diacungi jempol. Kini, nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Jawa Timur dapat melakukan transfer dana antar-BPR maupun antara BPR dengan bank umum secara mudah dan cepat. Itu bisa dilakukan sejak dikembangkan sistem transfer dana bagi BPR atau yang dikenal dengan Sistem Transfer Kredit Elektronik (STKE) BPR.

Terebosan baru di Indonesia ini peresmiannya dilakukan Gubernur BI, Darmin Nasution, pada 29 November 2012 di Surabaya. Sistem ini menghubungkan antara BPR dengan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNB) melalui bank pengayom (apex bank). Praktis, melalui sistem ini BPR akan memiliki akses transfer dana secara nasional kepada seluruh bank peserta kliring.

STKE BPR ini rencananya akan dikembangkan di seluruh wilayah Indonesia secara bertahap. Sebagai tahap awal, pilot project STKE BPR dikembangkan BI bersama Bank Jatim yang bertindak sebagai bank pengayon untuk BPR wilayah Jawa Timur. Pemilihan Jawa timur sebagai wilayah pilot project didasari oleh eksistensi Bank Jatim sebagai bank pengayom yang dinilai berhasil. Dari 330 BPR yang ada, sebanyak 274 BPR atau 83 persennya menjadi anggota bank pengayom BPR. (*)