Terus Tumbuh Menjadi Yang Terbaik, Bank Jatim Kembali Raih Predikat “Sangat Bagus” di Infobank Award 2015

Date: 14 agustus 2015

Kategori :


Bank Jatim raih infobank 20th award

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (bankjatim) berhasil meraih penghargaan sebagai Bank yang berpredikat “Sangat Bagus” atas Kinerja Keuangan dalam ajang Infobank Awards 2015 di Hotel Ritz Carlton, Jumat (14/8).

Seperti tahun-tahun sebelumnya Biro Riset Infobank kembali mengadakan rating perbankan, dimana pada tahun ini total Bank yang di rating mencapai 118 Bank di Indonesia. Kriteria penilaian rating pada Infobank Awards 2015 diantaranya adalah profil risiko bank, tingkat kesehatan good corporate governance (GCG), permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi

Dalam rating tahun 2015 ini bankjatim tak hanya mampu mempertahankan predikat “Sangat Bagus” seperti tahun-tahun sebelumnya namun kali ini bankjatim mampu tampil bagaikan “Rising Star dari Timur”.

bankjatim mampu melompat tinggi dan menduduki posisi teratas untuk bank kategori Buku 3 dengan aset di bawah Rp 50 triliun. Skor yang dibukukan bankjatim mencapai 91,07%, yang merupakan skor tertinggi di antara bank- bank kategori Buku 3 yang masuk dalam rating.

Sebagaimana diketahui, tahun 2014 merupakan tahun yang cukup sulit bagi bisnis perbankan di Indonesia. Sejumlah bank mengalami koreksi pada kinerja keuangan. Bahkan beberapa bank di kategori BUKU 3 mengalami perlambatan pertumbuhan dalam laba. Namun tidak bagi bankjatim, ditengah lesunya pertumbuhan bisnis perbankan bankjatim masih mampu menunjukkan kinerja terbaiknya.

Laba yang berhasil dibukukan oleh bankjatim pada tahun buku 2014 sebesar Rp939,08 miliar atau tumbuh 13,92% (YoY) ditopang oleh penyaluran kredit yang tumbuh 18,61% dari Rp22,08 triliun menjadi 26,19 triliun dan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) naik dari Rp25,99 triliun menjadi Rp30,27 triliun atau tumbuh 16,48%. Tak hanya itu, modal dan aset bankjatim pun naik masing- masing 19,60% dan 14,98%.

Dengan kondisi tersebut maka bankjatim berhak meraih predikat “Sangat Bagus” dalam Infobank Award 2015 untuk kinerja keuangan Bank Buku 3.

Tony Sudjiaryanto Direktur Agrobisnis dan Usaha Syariah bankjatim yang mewakili manajemen ketika menerima penghargaan mengatakan, pencapaian ini adalah hasil kerja keras dan usaha dari segenap karyawan bankjatim yang berkomitmen untuk terus menjadi yang terbaik.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan atas kinerja baik yang telah kami lakukan selama ini, tentunya ini sekaligus menjadi motivasi bagi bankjatim agar terus mampu menunjukkan kinerja terbaik dimasa yang akan datang,” tegas Tony.

Adapun strategi bisnis bankjatim untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik salah satunya adalah dengan semakin gencar melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga yang berkaitan dengan pemberdayaan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Upaya ini sejalan dengan misi bankjatim yaitu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta ikut mengembangkan usaha kecil dan menengah serta memperoleh laba optimal. (pr/med)