Satukan Visi Dalam Pemberdayaan Ekonomi Kecil, Bank Jatim, Bank UMKM & Yayasan Damandiri Jatim Sepakat Tandatangani MOU

Date: 03 juli 2015

Kategori : Semua Berita


Bank Jatim Mou dg BPR Jatim dan Yayasan Damandiri

Upaya untuk terus peduli kepada masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus ditingkatkan oleh bankjatim melalui berbagai langkah, salah satu diantaranya adalah dengan menggandeng berbagai pihak untuk bekerjasama dalam mewujudkan peningkatan taraf hidup dan pembangunan ekonomi daerah seperti yang telah dilakukan bankjatim bersama Bank UMKM Jatim dan Yayasan Damandiri dengan menandatangani MoU di Kantor Pusat bankjatim Jl Basuki Rahmat 98-104, Surabaya (1/7).

MoU di bidang penyaluran kredit khususnya bagi para pelaku ekonomi mikro dan kecil ini diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat di seluruh daerah Jawa Timur.

Dirut bankjatim R. Soeroso mengatakan penandatanganan MoU kerjasama antara bankjatim, Bank UMKM serta Yayasan Damandiri ini merupakan salah satu bentuk strategic holding yang dimaksud selama ini.

“Sejak awal kami selalu berupaya mewujudkan harapan agar dapat berperan lebih pada peningkatan ekonomi daerah dan pelaku UMKM yang ada di Jawa Timur, oleh karena itu dengan adanya suatu upaya sinergitas antara berbagai pihak yang terkait dalam membentuk suatu hubungan kerja (strategic holding) seperti ini maka kami yakin kita dapat mewujudkan harapan tersebut, “ ujar Soeroso.

Lebih lanjut Soeroso mengatakan selama ini hubungan kerjasama antar bankjatim dengan yayasan Damandiri telah terjalin cukup baik, salah satunya dengan program kerja pemberdayaan masyarakat kecil.

Sebagaimana diketahui Yayasan Damandiri sejak berdiri pada tanggal 15 Januari 1996 terus fokus mewujudkan maksud dan tujuannya dibidang sosial dan kemanusiaan dengan aktif berperan dalam memberdayakan keluarga dan masyarakat, terutama mereka yang tertinggal, yang sering kali disebut sebagai keluarga prasejahtera dan sejahtera I.

Dalam misinya untuk memberdayakan masyarakat, Yayasan Damandiri bekerjasama dengan berbagai lembaga keuangan seperti bank untuk menyalurkan kredit modal kerja kepada masyarakat dengan bunga yang lebih rendah seperti skim kredit Pundi Kencana yang ada di bankjatim maupun skim kredit lainnya pada bank-bank lain.

Di samping bekerjasama dengan lembaga keuangan, Yayasan Damandiri juga menjalin kerjasama dengan instansi lainya seperti Perguruan Tinggi/Universitas, Organisasi Masyarakat, hingga jajaran Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) agar program ini benar-benar dapat berjalan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Bank UMKM Jawa Timur Subawi menyambut baik adanya kesepakatan kerjasama antara pihaknya, bankjatim, dan Yayasan Damandiri dan mengaku siap mendukung penuh setiap program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya kerjasama ini tentunya merupakan hal yang positif bagi bank karena dapat menjangkau lebih banyak nasabah yang selama ini belum tersentuh akses perbankan, dan kami sangat siap mendukungnya. Untuk pengaplikasiannya bagi para pelaku ekonomi di segmentasi mikro hingga kecil dapat difasilitasi dengan skim kredit dari Bank UMKM Jatim, sedangkan untuk pelaku ekonomi kecil hingga menengah dapat difasilitasi oleh skim kredit yang ada dari bankjatim,” terang Subawi.

Sebagaimana program dari Yayasan Damandiri, kerjasama ini diharapkan akan menciptakan entrepreneur baru tingkat pedesaan yang mampu tumbuh menjadi motor penggerak perekonomian daerah. Adapun bibit-bibit entrepreneur tersebut saat ini sering muncul dari pelaku UMKM yang saat ini banyak tersebar diseluruh wilayah Jawa Timur. Dengan total lebih dari 6,8 juta UMKM yang tercatat saat ini, jika program ini mampu dimaksimalkan oleh bankjatim dan Bank UMKM Jatim bukan tidak mungkin harapan Gubernur Jawa Timur kepada kedua Bank yang asli berasal dari Jawa Timur ini untuk mampu berperan aktif dalam membangun perekonomian masyarakat dan daerah Jawa Timur dapat tercapai dengan baik.

Ketua Yayasan Damandiri Haryono Suyono mengatakan program ini sangat in line dengan cita-cita yang diamanahkan oleh Gubernur Jawa Timur kepada bankjatim dan Bank UMKM Jawa Timur. Menurutnya Yayasan Damandiri adalah kepanjangan tangan dari Pemerintah untuk mewujudkan pembangunan nasional yang berasal dari desa/daerah.

“Dari program kerjasama ini nantinya diharapkan dapat mengantar masyarakat Jawa Timur sebagai contoh masyarakat yang bangkit dari desa, yang mandiri, serta yang kuat secara ekonomi sehingga mampu membawa dampak yang baik pada pembangunan daerah hingga nasional,” ujar Haryono Suyono.

Selanjutnya program kerjasama ini akan disosialisasikan ke seluruh kantor cabang bankjatim ataupun Bank UMKM Jawa Timur diseluruh daerah-daerah Jawa Timur agar dapat dengan segera dijalankan dan menjangkau hingga ke pelosok daerah. (cap)