Pertumbuhan Laba Bersih dan Kemajuan Teknologi Informasi Meningkatkan Kinerja Bank Jatim Kuartal III 2016

Date: 15 oktober 2016

Kategori :


Surabaya – 15 OKTOBER 2016| Dalam upaya keterbukaan informasi, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) pada Kuartal III tahun 2016 berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 20,11% (YoY) atau
Rp 836,58 miliar.

Kinerja keuangan bankjatim di Kuartal III ini menunjukkan performa dan pertumbuhan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Meskipun keadaan ekonomi secara global menurun Bank Jatim masih mampu mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar  Rp 29,62 triliun (naik 1,33 % YoY), Pendapatan Bunga bersih mengalami pertumbuhan sebesar Rp 2,54 triliun (naik 6,86 % YoY). Dan untuk Dana Pihak Ketiga yang masih didominasi oleh dana murah yaitu Tabungan mengalami pertumbuhan sebesar Rp 12,24 triliun atau naik 19,56% (YoY). Dengan kenaikan dana murah tersebut, CASA rasio bankjatim tetap terjaga sebesar 70,36% (selama lebih dari 13 tahun, CASA rasio bankjatim berada di atas 65%). Hal ini membuktikan bahwa keefektifan bankjatim dalam mengelola dana murahnya.

Rasio keuangan bankjatim posisi September 2016, antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 20,14%, Nett Interest Margin (NIM) sebesar 6,70%, Return On Asset (ROA) sebesar 3,09%, Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) 71,15% serta Loan to Deposit Ratio (LDR) 71,97%.

Selama Kuartal III, bankjatim meraih banyak penghargaan bergengsi salah satunya mendapatkan Peringkat I untuk penghargaan Annual Report Award (ARA) 2016 kategori BUMD Listed. Dan dalam Penghargaan Anugerah Perbankan Indonesia (APBI)-V-2016 pada tanggal 13 Oktober 2016 di Balai Kartini-Jakarta, bankjatim memborong 9 (sembilan) penghargaan diantaranya:

  • Peringkat I: BUKU-III (BPD Aset< 50 T)
  • Peringkat I: Bidang Risk Management
  • Peringkat I: Bidang Legal
  • Peringkat I: Bidang Human Capital
  • Peringkat I: Bidang Marketing
  • Peringkat I: Bidang IT
  • Peringkat I: Bidang CSR
  • Peringkat I: Bidang CorpComm
  • Peringkat II: Bidang Finance
  • Peringkat II: Bidang GCG

Penghargaan yang diraih selama kuartal III ini merupakan motivasi untuk  mencapai target kinerja di akhir tahun 2016.

Perkembangan produk teknologi informasi bankjatim juga semakin berkembang. Setelah sebelumnya bankjatim telah memiliki produk bankjatim sms banking dan bankjatim internet banking, bankjatim baru saja meluncurkan layanan Mobile Banking bertepatan dengan malam puncak pengundian Gemerlap Simpeda Nasional yang diadakan di Hotel Shangri-La Surabaya pada awal September 2016.

Layanan bankjatim Mobile Banking berbasis Internet ini dapat diakses melalui smartphone, baik Android maupun iOS. Dengan jumlah transaksi sebanyak 14.132 dan jumlah pengguna mencapai 4.158 sampai dengan akhir September 2016, bankjatim Mobile Banking memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan SMS Banking, bankjatim Mobile Banking merupakan solusi dari kebutuhan Nasabah akan pelayanan perbankan yang cepat, praktis, mudah,dan tidak terbatas waktu.

Dan untuk terus memperkuat bisnisnya, bankjatim pada Kuartal IV tahun 2016 berencana melakukan strategi bisnis, diantaranya adalah:

1. Operasional Kantor Cabang Batam

bankjatim telah melakukan  soft launching kantor cabang di Kota Batam Provinsi yang bertepatan dengan HUT bankjatim ke 55 beberapa waktu yang lalu. Operasional bankjatim cabang Batam sendiri menunggu persetujuan dari OJK yang ditargetkan beroperasi pada kuartal IV.

2. Peningkatan penyaluran kredit di Kuartal IV

Untuk meningkatkan penyaluran kredit di Kuartal IV ini, bankjatim melakukan strategi bisnis dengan membuka kembali kredit keppres untuk proyek pemerintah dengan perbaikan persyaratan agunan serta peningkatan supervisi dan pengawasan, selain kredit keppres bankjatim juga akan kembali menyalurkan Standby loan khusus Nasabah Prima yang sudah terbukti kredibilitas dan kapabilitasnya. Sedangkan untuk meningkatkan kredit konsumsi, bankjatim memberikan promo bunga kredit Multiguna kepada nasabah pengajuan baru dan takeover.  

Jaringan Bank Jatim

Dan hingga September 2016, jumlah jaringan bankjatim telah mencapai 1.453 titik layanan terdiri dari 1 Kantor Pusat, 46 Kantor Cabang, 167 Cabang Pembantu, 185 Kantor Kas, 97 Kantor layanan Syariah, 175 Payment Point, 79 Kas Mobil, 6 Mobil ATM, 695 ATM dan 2 CDM.