OJK Inisiasi Program AKSI UMMAD, Bank Jatim Siap Kelola Dana Masjid

Date: 30 mei 2017

Kategori :


Surabaya, 30 Mei 2017| Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur kembali menginisiasi sebuah program guna mendorong keuangan syariah di Jawa Timur, dengan melaunching program Akses Keuangan Syariah Untuk Masyarakat Mandiri Berbasis Masjid (AKSI UMMAD). Bertempat di Ballroom Shangri-la Hotel, Surabaya, program yang didukung oleh 6 Masjid percontohan, 6 lembaga Amil Zakat dan Wakaf, 5 Perguruan Tinggi, 2 Perbankan Syariah serta 4 Lembaga Negara dan Asosiasi ini bertujuan untuk menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan berbasis masjid dan berprinsip syariah.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) yang menjadi salah satu mitra program, melalui unit usaha syariah mendukung penuh program AKSI UMMAD dengan siap mengelola dana-dana masjid guna memeberikan akses keuangan syariah bagi jama’ah masjid dan masyarakat di sekitar masjid.

Direktur Utama bankjatim R. Soeroso di sela-sela acara mengatakan dengan adanya program ini, bankjatim siap untuk mengelola dana masjid yang kemudian dapat disalurkan melalui pembiayaan guna pemberdayaan ekonomi kecil dan mikro. “Hal ini sesuai dengan visi misi bankjatim yang concern dalam mengmbangkan usaha kecil dan menengah”. tambah R. Soeroso.

Dalam peluncuran program tersebut, hadir langsung Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad. Dalam sambutannya, beliau mengatakan program AKSI UMMAD diharapkan mampu menjadi tonggak awal kembalinya kemakmuran masid serta mengembalikan fungsi masjid. “Dengan adanya program ini, masjid dapat kembali menjadi pusat pengembangan ekonomi dan tempat musyawarah untuk memecahkan permasalahan umat”. terang Muliaman.

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Sukamto berharap dengan melakukan program ini, OJK selaku regulator mampu mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Jawa Timur, Sehingga visi misi untuk menjadikan Jawa Timur sebagai basis ekonomi syariah terbesar di Indonesia dapat terwujud.

Di akhir acara, dilakukan penandatanganan MoU antara OJK dan mitra program AKSI UMMAD, dari bankjatim diwakili oleh Direktur Agrobisnis dan Usaha Syariah, Tony Sudjiaryanto.