Kinerja Triwulan I 2020 Bank Jatim Tumbuh Tinggi Di Tengah Pandemi

Date: 29 april 2020

Kategori :


JAKARTA – 29 April 2020. Dalam rangka memberikan keterbukaan informasi, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting dan press conference guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan I 2020 melalui media elektronik bertempat di Surabaya (29/04).

 

Kinerja keuangan bankjatim triwulan I 2020 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja triwulan I, aset bankjatim tercatat Rp. 69,72 triliun atau tumbuh 10,51 % (YoY), laba bersih bankjatim tercatat Rp. 439,28 Miliar atau tumbuh 8,33 % (YoY).

Selama triwulan I Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 11,48 % (YoY) yaitu sebesar Rp. 57,76 triliun. Pertumbuhan dana pihak ketiga yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada bankjatim meningkat. Dari sisi pembiayaan, bankjatim mampu mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar Rp. 38,41 triliun atau tumbuh 14,02 % (YoY). Kredit di sektor korporasi menjadi penyumbang tertinggi yaitu sebesar Rp. 8,71 triliun atau tumbuh 21,76 % (YoY) diikuti dengan pertumbuhan kredit UMKM yang cukup signifikan yaitu sebesar 6,25 triliun atau tumbuh 21,21%

Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Maret 2020 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 21,76 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 6,05 %, dan Return On Asset (ROA) 3,23 %. Sedangkan Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) masih tetap terjaga di angka 64,95 %.

Selama triwulan I 2020, banyak berbagai tantangan yang dihadapi pemerintah, pelaku usaha, tidak terkecuali industri perbankan. Pandemi Covid-19 (Corona) menjadi salah satu tantangan terberat yang dihadapi setiap elemen masyarakat. di tengah-tengah pandemi, bankjatim bersyukur masih mampu memberikan kinerja yang positif khususnya untuk mendorong perekonomian Jawa Timur.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2020 yang diadakan beberapa waktu lalu menjadi bukti bahwa tantangan pandemi tersebut tidak menghambat bankjatim untuk tetap mengadakan RUPS. Pada RUPS kali ini, bankjatim membagikan dividen sebesar Rp. 48,20 per lembar saham. Total dividen yang dibagi kepada pemegang saham adalah sebesar Rp. 723.747.007.552,40 atau sebesar 52,58%  dari laba bersih. Seperti kita tahu pemegang saham seri A bankjatim merupakan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Dividen bagi pemegang saham seri A merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah masing masing Kabupaten/Kota.

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) menyalurkan dana sebesar Rp 2,79 Milyar kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Bantuan yang diberikan yaitu berupa uang tunai sebesar Rp 1 Milyar yang akan digunakan Pemerintah Provinsi untuk pengadaan alat ventilator dan sebesar Rp 1,79 Milyar yang dirupakan dalam paket sembako. Sembako terdiri dari Beras 1 ton, minyak goreng 20 ton, mie instan 100.000 bungkus, dan telor 10 ton. Dengan demikian total akumulatif donasi yang telah disalurkan bankjatim sampai dengan saat ini terhadap kepedulian dampak COVID-19 sebesar Rp. 4,4 Milyar yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Selama pandemi corona melanda, nasabah atau masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus corona, dapat memanfaatkan layanan e-channel bankjatim untuk melakukan transaksi perbankan. Melalui fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman tanpa harus keluar rumah.

Kemudahan juga diberikan bankjatim untuk nasabah dalam pengajuan kredit atau pembiayaan. Sejak pertengahan tahun 2019, bankjatim telah meluncurkan e-form kredit yang memudahkan nasabah dalam pengajuan kredit di bankjatim. Calon nasabah cukup dengan melakukan registrasi melalui portal e-form kredit, kemudian bankjatim akan mengirimkan notifikasi melalu sms.

Selain itu Bankjatim kini telah memiliki fasilitas kredit multiguna elektronik (e-kmg) yang dapat dimanfaatkan nasabah. Fasilitas ini merupakan pengembangan kredit multiguna yang sudah ada sebelumnya. Kali ini e-kmg menyajikan kemudahan dalam mengajukan permohonan kredit baik para Aparatur Sipil Negara (ASN) akif maupun para pensiunan. Beberapa keunggulan dari e-kmg antara lain kemudahan dalam pengajuan kredit melalui mobile application. Selain itu nasabah cukup memiliki rekening dan payroll gaji yang terdaftar di bankjatim.

 

 

PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR Tbk

Jl. Basuki Rahmat 98-104 Surabaya

CORPORATE SECRETARY

E : corsec@bankjatim.co.id / humas@bankjatim.co.id

T  : (031) 5310090-99 ext 471

F  : (031) 5310838