Fokus pada Pengembangan UMKM, bankjatim raih Indonesia Inovative Quality Awards 2015

Date: 21 agustus 2015

Kategori :


Indonesia Inovative Quality Awards 2015

Prestasi demi prestasi terus diraih oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim). Setelah sebelumnya meraih penghargaan dari Infobank sebagai Bank yang berpredikat “Sangat Bagus” atas kinerja keuangan tahun 2014 di Hotel The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta pada 14 Agustus 2015 yang lalu, kali ini bankjatim kembali meraih penghargaan dari Indonesia Development Achievement Foundation di Hotel Novotel Surabaya (21/08).

Dalam ajang penghargaan tersebut bankjatim sukses meraih “Indonesia Innovative Quality Award 2015” untuk kategori The Most Trusted banking in Microfinance service of The Year 2015.  

Indonesia Innovative Quality Award 2015 adalah bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Perusahaan/Lembaga atau Figure dan Pendidikan yang berprestasi dalam meningkatkan kinerjanya dan telah berperan besar bagi pengembangan bisnis dan pembangunan perekonomian nasional serta mampu meningkatkan upaya kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan ekonomi, sosial budaya, pendidikan serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Pada kesempatan kali ini bankjatim dipercaya sebagai bank yang mampu memberikan layanan pembiayaan usaha mikro dan dianggap sebagai bank yang telah membantu dalam pengembangan usaha kecil dan menengah yang sesuai dengan visi diadakannya penghargaan ini, yaitu mampu mengisi gerak pembangunan baik secara nasional maupun regional dalam menghadapi tantangan Global dan Masyarakat Ekonomi Asia.

Setidaknya ada lima tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan penghargaan ini. Dimulai dengan pemilihan nominasi, kemudian dilanjutkan dengan proses penelitian, penilaian, survey hingga pembenaran data dari para nominasi yang dilakukan dengan cara wawancara/bertanya pada rekanan kerja dan masyarakat sekitar perusahaan. Sementara pada tahapan peneltian ditekankan pada lima pilar yaitu Awareness, Responsibility, Quality, Performance dan Attractiveness.

Adapun atribut pengukuran yang dilakukan kepada seluruh nominasi diantaranya adalah memiliki motif pendidikan, bisnis, hasil/realisasi kegiatan, jangkauan dampak dan kesinambungan akan komitmen Produk/Jasa Inovatif dan berkualitas serta mampu berkembang mengikuti perubahan.

Pada tahap ketiga dilakukan pengecekan kembali berkaitan dengan perusahaan melalui asosiasi-asosiasi yang terkait dan lembaga masyarakat. Pada tahap inilah ditentukan apakah sebuah perusahaan memenuhi kriteria dan berhak menerima penghargaan.

Sebagai perwakilan, Corporate Secretary bankjatim Agus Abdullah secara langsung menerima penghargaan pada ajang yang digelar akhir pekan lalu tersebut. Menurut Agus penghargaan ini merupakan kado istimewa disaat bankjatim merayakan hari lahirnya yang ke 54 pada 17 Agustus yang lalu. “Semoga dengan prestasi yang terus diraih oleh bankjatim ini dapat mengantar bankjatim menjadi Bank yang lebih baik lagi serta menjadi bank yang mampu memberikan manfaat untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat maupun daerah kedepannya,” harap Agus.

Sehubungan dengan penghargaan Indonesia Innovative Quality Award 2015 yang telah berhasil diraih ini, bankjatim secara nyata juga terus mengupayakan yang terbaik bagi perkembangan  pelaku usaha mikro kecil dan menengah di seluruh wilayah Indonesia yaitu dengan terus memperluas kredit linkage program yang bekerja sama dengan perhimpunan Bank perkreditan rakyat Milik Pemerintah daerah se-Indonesia (Perbamida). Dengan adanya kerjasama ini maka upaya bankjatim dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat tercapai dengan bantuan BPR-BPR di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Perbamida. (pr/med)