Berbaga Inovasi dan Penghargaan Mewarnai Pencapaian Kinerja Semester I Bank Jatim yang Membanggakan

Date: 24 juli 2019

Kategori :


JAKARTA – 24 Juli 2019. Dalam rangka memberikan keterbukaan informasi, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting dan press conference guna memaparkan kinerja keuangan Semester I 2019 di Hotel Ritz Charlton Pasific Place, Jakarta (24/07).

Dalam kesempatan tersebut, Hadi Santoso menyampaikan bahwa Kinerja keuangan bankjatim semester I 2019 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja semester I, aset bankjatim tercatat Rp. 68,95 triliun atau tumbuh 15,81 % laba bersih bankjatim tercatat Rp. 816,42 miliar atau tumbuh 7,67 % (YoY).

Selama semester I Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 17 % (YoY) yaitu sebesar Rp. 57,93 triliun. Pertumbuhan dana pihak ketiga yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada bankjatim meningkat. Selain itu pencapaian DPK  tersebut diperkuat dengan CASA rasio bankjatim sebesar 69,62 % (selama lebih dari 15 tahun, CASA rasio bankjatim berada diatas 65 %). Dari sisi pembiayaan, bankjatim mampu mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar Rp. 34,77 triliun atau tumbuh 8,25 % (YoY). Kredit di sektor konsumsi menjadi penyumbang tertinggi yaitu sebesar Rp. 21,37 triliun atau tumbuh 4,33 % (YoY)

Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Juni 2019 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 21,30 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar
6,30 %, dan Return On Asset (ROA) 3,5 %. Sedangkan Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) masih tetap terjaga di angka 63,46 %.

Selama semester I 2019, berbagai aksi korporasi telah dilakukan bankjatim untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya nasabah.  Pada awal tahun, bankjatim resmi meluncurkan portal e-form kredit. Portal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengajuan kredit. Secara teknis bankjatim cukup melakukan registrasi pada portal e-form kredit untuk selanjutnya calon nasabah akan mendapatkan notifikasi berupa persyaratan yang harus dibawa ke kantor bankjatim terdekat.

Berlanjut di akhir Maret 2019, untuk meningkatkan pelayanan nasabah di bidang digital banking, Bank Jatim memperkenalkan fasilitas terbaru berupa QR code yang diberi nama jatimcode. jatimcode merupakan pengembangan fitur pembayaran Bank Jatim mobile banking melalui scan QR code. Fitur tersebut memudahkan nasabah dalam bertransaksi sehingga lebih fleksibel. Selain itu fitur untuk memfasilitasi nasabah milenial Bank Jatim sebagai alternatif transaksi pembayaran yang mudah, cepat, dan efisien.

Selain aksi korporasi, berbagai penghargaan juga mewarnai pencapaian kinerja bankjatim selama semester satu. Kurang lebih terdapat 12 penghargaan dari lima ajang penghargaan berhasil draih oleh bankjatim. Diawali dengan ajang penghargaan TOP BUMD Award, bankjatim berhasil meraih 4 kategori sekaligus. Selang satu bulan kemudian, bankjatim kembali meraih penghargaan prestisius dalam ajang Digital Brand Banking Award 2019 yang diadakan oleh Majalah Infobank.

Selang beberapa waktu kemudian, bankjatim meraih penghargaan TOP 100 Indonesia’s Most Valuable Brand Award yang diselenggarakan Majalah SWA. Penghargaan ini sekaligus menegaskan bahwa brand bankjatim dikenal masyarakat Indonesia. Bankjatim menutup akhir semester satu dengan manis, kali ini bankjatim kembali meraih penghargaan  dari Majalah Infobank dan Majalah Investor Daily.

SEKILAS TENTANG BANK JATIM

bankjatim merupakan Bank Umum yang berkantor pusat di Surabaya dan telah memiliki jaringan di seluruh Jawa Timur, DKI Jakarta dan Kota Batam. Didirikan 17 Agustus 1961, dengan berbadan hukum Perusahaan Daerah (PD), pada tahun 1976, bankjatim berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dan sejak Juli 2012 bankjatim melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) yang menjadikan bankjatim menjadi salah satu Bank Pembangunan Daerah yang sudah terbuka (Tbk.)

Sampai dengan Juni 2019 bankjatim memiliki total layanan sebanyak 1.717 layanan operasional, baik layanan konvensional maupun syariah. Bankjatim saat ini telah memiliki layanan e-banking seperti ATM, Sms banking, Internet Banking, Mobile Banking dan yang terbaru adalah fitur jatimcode untuk memberikan kemudahan kepada nasabah bertransaksi dimanapun dan kapanpun berada. Selain telah bekerjasama dengan jaringan ATM Bersama dan jaringan Prima (termasuk Prima Debit), yang terbaru, bankjatim telah bergabung dalam Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang berarti kartu ATM bankjatim dapat digunakan pada seluruh ATM dan merchant di Indonesia yang berlogo ATM Bersama, Prima dan GPN tanpa dikenakan biaya apapun.

 

PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR Tbk

Jl. Basuki Rahmat 98-104 Surabaya

CORPORATE SECRETARY

E : corsec@bankjatim.co.id / humas@bankjatim.co.id

T  : (031) 5310090-99 ext 471

F  : (031) 5310838