bedah rumah di pulau terpencil

Date: 20 november 2012

Kategori : CSR, CSR


 

Perhatian Bank Jatim lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) tak hanya tertuju pada masyarakat di daratan Pulau Jawa, tapi juga menyeluruh di daerah terpencil. Kali ini sasaran CSR adalah wilayah Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Apalagi Pulau Bawean kalau cuaca lagi ekstrem,  kapal-kapal tak berani berlayar menuju pulau yang terpencil ini.

Sebanyak 34 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dihuni warga kurang mampu mendapat giliran diperbaiki.  Bedah rumah sebagai wujud kepedulian Bank Jatim terhadap warga Bawean ini memperoleh kucuran dana program CSR sebesar Rp 170 juta. Masing-masing rumah memperoleh kucuran dana Rp 5 juta. Pemberian bantuan perbaikan rumah bagi 34 masyarakat kurang mampu tersebar di 17 desa antara lain Desa Kumalasa, Lebak, Bululanjang, Sungaiteluk, Kotakusuma, Sawahmulya, Sungairujing, Daun, Sidowedungbatu,  Kebuntelukdalam, Balikterus, Gunungteguh, Patarselamat, Pudakittimu, Pudakitbarat, Suwari, dan Dekatagung.

Bedah rumah ini disambut gembira warga kurang mampu. Misalnya keluarga Hedir, semula rumahnya yang berdinding anyaman bambu dan beratap ilalang, kini disulap menjadi layak huni. Wajah sumringah juga tampak dari keluarga Supri, rumahnya yang dulu berdinding papan usang dan beratap genteng yang selalu bocor, setelah direnovasi kini nyaman dijadikan tempat tinggal.

Peletakan batu pertama bedah rumah ini dipusatkan  di Dusun Pateken, Desa Kotakusuma, Sangkapura, yang  dihadiri Wabup Gresik Moch Qosim, Muspika Kecamatan Sangkapura, Pimpinan Bank Jatim dan aparat desa Kotakusuma. Pemimpin Bank Jatim Cabang Bawean, Slamet Budi Susetyo,  sebagaimana disampaikan Media Bawean mengatakan proyek CSR bedah rumah di Kecamatan Sangkapura adalah wujud kegiatan sosial dari Bank Jatim. "Bertujuan membantu warga tidak mampu, agar menempati rumah layak huni," katanya.

 Menurutnya, CSR diberikan tidak mengenal waktu, ketika dibutuhkan selalu siap disalurkan kepada yang membutuhkannya. "Untuk proyek bedah rumah, untuk periode sekarang menggarap di Kecamatan Sangkapura sebanyak 17 desa, dengan jumlah rumah sebanyak 34 buah," paparnya.