bank jatim tawarkan saham perdana

Date: 25 juni 2012

Kategori : Semua Berita


 

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) akan melakukan penawaran perdana saham (initial public offering/IPO) dengan harga kisaran Rp 430 – Rp. 670 per sahamnya, sebanyak-banyaknya 2.983.537.000 saham baru yang berupa saham atas nama Seri B (20% dari modal ditempatkan dan disetor setelah penawaran umum). Saat ini kepemilikan saham seri A Bank Jatim antara lain, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (64,33%), dan Pemerintah Kota/Kabupaten se Jawa Timur (35,67%).

Direktur Utama Bank Jatim, Hadi Sukrianto, mengatakan dana hasil IPO akan digunakan mendukung ekspansi kredit, perluasan jaringan dan pengembangan teknologi informasi (IT) Perseroan. “Sekitar 80% untuk mendukung ekspansi kredit, kemudian sekitar 10% untuk perluasan jaringan, dan sisanya 10% untuk pengembangan IT,” kata Hadi saat jumpa pers menjelang acara Investor Gathering Bank Jatim di Surabaya, Minggu (24/6).

Hadi menjelaskan bahwa Bank Jatim menargetkan perolehan dana hasil IPO akan menambah rasio modal (Capital Adequate Ratio/CAR) Perseroan hingga akhir tahun di kisaran 20% -21%. “Posisi Juni 2012 CAR kami di level 20,99%. Dengan tambahan dana IPO, CAR kami di akhir tahun di kisaran 21%-22%. Hal itu sudah memperhitungkan ekspansi kredit tahun ini,” papar Hadi.

Hadi juga mengungkapkan bahwa untuk memperlancar proses IPO tersebut, pihaknya telah menunjuk dua sekuritas yang akan bertindak selaku Penjamin Emisi yakni PT Bahana Securities dan PT Mandiri Sekuritas..