bank jatim dominasi dana murah & fokus kembangkan bisnis di segmen mikro

Date: 01 oktober 2013

Kategori : Semua Berita, Semua Berita


Bank Jatim Dominasi Dana Murah & Fokus Kembangkan Bisnis di Segmen Mikro

Di saat mayoritas perbankan mulai kekurangan likuiditas dan cenderung mencari dana mahal, Bank Jatim dapat mempertahankan dominasinya dalam memperoleh dana murah yaitu Giro dan Tabungan sebesar 69,81 % dan mejaga likuiditasnya dengan posisi kredit terhadap dana sebesar 79.60 %.  

Dari data yang diperoleh dari Bank Indonesia tersebut, untuk posisi juli 2013 Giro dan Tabungan Bank Jatim berada di peringkat kedua setelah BCA namun lebih baik dibandingkan dua Bank Pemerintah lainnya (http://www.bi.go.id). CASA Ratio tinggi ini diperoleh dari kontribusi tabungan naik dari 6,95 T menjadi 7,95 T atau tumbuh 13,5 persen pada posisi juli 2013. Sedangkan posisi Agustus 2013, tabungan tumbuh lebih baik yaitu 15,8 %. Bagusnya pencapaian Kinerja keuangan Bank Jatim pada Produk Tabungan ini ditunjang oleh keunggulan Tabungan Bank Jatim yang memiliki fitur sangat banyak antara lain pembayaran telpon, listrik, PBB, air, samsat, pendidikan, dan masih banyak lagi. Selain itu juga didukung jaringan antara lain  415 ATM Bank jatim, 50.188 ATM Bersama, 201.142 Prima Debit.

Bank Jatim terus melakukan pengembangan produk dalam rangka menjaga dan meningkatkan dana murahnya melalui penambahan fitur antara lain Internet banking, hingga penambahan fitur di sms banking.

Kemudian untuk tahun 2014 Bank Jatim memiliki Renbis Unggulan lainnya yaitu mengembangkan produk priority banking dan Kartu debit yang dibedakan menjadi silver, gold dan platinum berdasarkan besaran dana yang ditempatkan  yang mendukung pertumbuhan dana murah Bank Jatim.

Selain pengembangan produk dana murah, bank jatim juga mengembangkan kredit UMKM terutamanya kredit mikro. Pada tahun ini ada tambahan unit mikro yang ditempatkan 45 cabang pembantu di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kediri dan Madiun kemudian pada tahun depan akan  ditempatkan di 100 kecamatan-kecamatan Jawa timur melalui cabang-cabang pembantu. Dengan target penyaluran kredit mikro  2014 sebesar sebesar 1 trilyun.

Dengan langkah strategis diatas bank Jatim tetap menjaga rasio dana murahnya disaat ketatnya likuiditas perbankan dan semakin tingginya bunga dana mahal atau deposito. Bank Jatim juga terus berkontribusi kepada UMKM jawa timur dengan potensi UMKM di Jawa timur sebesar 6,8 Juta UMKM. (adm/fts)