peraih indonesia banking award 2012

Date: 19 juli 2012

Kategori : Semua Berita


Indonesia Banking Award kembali digelar tahun ini. Acara ini diadakan oleh Perbanas Institute bekerja sama dengan Tempo. Award ini akan diberikan penilaian terhadap bank-bank secara komprehensif, yaitu dari sisi kinerja keuangan dan kinerja efisiensi relative industry.

Untuk tahun ini jumlah bank yang dijadikan objek penelitian pada Indonesia Banking Award 2012 ini mencapai 118 bank. “118 bank tersebut terdiri dari 107 bank umum dan 11 bank syariah,” kata ketua Perbanas, Sigit Pramono, di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta, Rabu (18/7/2012).

Dalam award kali ini bank dirating berdasarkan 10 kategori, yakni: bank persero, bank swasta nasional beraset diatas Rp.50 triliun, bank swasta nasional beraset Rp.5 triliun-Rp.50 triliun, bank swasta nasional beraset sampai dengan Rp.5 triliun,BPD beraset diatas Rp.10 triliun, BPD beraset sampai dengan Rp.10 triliun, bank campuran, bank asing, bank syariah beraset diatas Rp. 5 triliun dan bank syariah beraset sampai Rp.5 triliun.

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Perbanas Institute, dalam melakukan penilaiannya, menggabungkan metode kinerja keuangan dan kinerja efisiensi dengan bobot masing-masing 50%.Kinerja keuangan diukur dengan Indicator CapitalAsset Quality, Earning, dan Liquiduty (CAEL). Sementara kinerja efisiensi diukur dengan Data Envelopment Analysis (DEA). Tim peneliti adalah tim dosen Institute Perbanas yang melakukan penelitian atas kinerja keuangan dan efisiensi indutri perbankan di Indonesia secara terus menerus.

Berikut adalah pemenang Indonesia Banking Award berdasarkan kategorinya.

  1. BPD beraset diatas Rp. 10 triliun adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, PT Bank Bali, PT Bank Papua;
  2. BPD beraset sampai dengan Rp.10 triliun adalah PT Bank NTT, PT Bank Sulsel, PT Bank Jambi;
  3. Bank persero peringkat berturut-turut adalah PT BRI, PT Bank Mandiri, PT BNI;
  4. Bank swasta nasional beraset diatas Rp.50 triliun adalah PT CIMB Niaga, PT BCA, Bank Bukopin;
  5. Bank swasta nasional beraset Rp.5 triliun-Rp.50 triliun adalah PT BTPN, PT Bank Victoria Internasional, PT Bank Nusantara Parahyangan;
  6. Bank swasta nasional beraset sampai dengan Rp.5 triliun adalah PT Bank Jasa Jakarta, PT Bank Hanabank, PT Bank Kesejahteraan Ekonomi;
  7. Bank campuran adalah PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia, PT Bank Pesona Perdania, PT Bank Mizuho Indonesia;
  8. Bank asing adalah PT Bank of Tokyo VFJ LTD, PT Bank Citybank, PT Bank the Hongkong and Shanghai BC (HSBC);
  9. Bank syariah beraset diatas Rp. 5 triliun adalah PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BNI Syariah, PT Bank Mega Syariah.