bank jatim raih penghargaan indonesia bank loyalty award 2013

Date: 19 april 2013

Kategori : Semua Berita


Indonesia Banking Loyality Award 2013 

MarkPlus Insight dan majalah Infobank kembali melakukan survey tingkat kepuasan dan loyalitas nasabah perbankan untuk segmen consumer banking. Survey rutin tahunan ini telah dilakukan oleh Majalah Infobank sejak tahun 2004. Untuk tahun ini, Puncak acara yang diberi nama Indonesia Bank Loyality Award 2013 tersebut diadakan di Intercontinental Jakarta MidPlaza Hotel Jakarta, Rabu (17/4). Adapun Tujuan dari dilaksanakannya survey rutin ini adalah untuk mendorong kesadaran bank agar meningkatkan kualitas relationship dan partnership antara bank dan nasabah. Semakin kuat kualitas hubungan antara bank dan nasabah, akan memberikan mutual benefit baik bagi nasabah selaku pengguna layanan maupun bagi bank yang mengharapkan peningkatan kontribusi profit dari setiap nasabahnya.
Pengukuran indeks loyalitas nasabah ini mengacu pada empat tahapan loyalitas nasabah yaitu customer satisfaction (transaction), customer retention (relationship), migration barrier (partnership), dan customer enthusiasm (ownership). 
Dari survey yang dilakukan kepada lebih dari 3,200 responden yang tersebar di enam kota besar di Indonesia tersebut, MarkPlus Insight dan majalah Infobank melakukan monitoring terhadap indeks loyalitas nasabah perbankan dengan mengklasifikasikan secara khusus penilaian pada produk tabungan bank konvensional, kartu kredit, dan produk tabungan bank syariah (iB), serta produk tabungan dari Bank Pembangunan Daerah (BPD). Khusus untuk indeks loyalitas nasabah BPD, Survey hanya dilakukan  terhadap enam BPD di enam kota terbesar di Indonesia. Dengan penilaian survey yang sama seperti bank umum konvensional dan bank syariah.
Dari enam BPD yang dievaluasi tentang indeks loyalitas nasabah pada IBLI 2013 ini Bank Jatim berhasil meraih peringkat ke-3 dengan kategori Saving Account-Regional Development Bank. Menanggapi atas pengharagaan yang telah di diraih oleh Bank Jatim, Direktur Utama Bank Jatim Hadi Sukrianto mengaku sangat bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh Bank Jatim. “penghargaan ini sangat berarti bagi kami, ini menunjukkan kinerja yang telah kami bangun selama ini membuahkan hasil yang cukup membanggakan, “ujar Hadi.
Senada dengan apa yang diutarakan oleh Hadi, Direktur Bisnis Menengah & Korporasi Bank Jatim Djoko Lesmono menambahkan Indonesia Bank Loyality Award ini sebagai pemacu bagi kami untuk terus menunjukkan kinerja yang lebih baik. “kedepan kami akan mencoba meningkatkan kinerja untuk dapat meraih predikat “champion” dalam Indonesia Bank Loyality Award untuk kategori Saving Account-Regional Development Bank ini, “Harap Djoko.
Harapan tersebut setidaknya tidak mustahil karena menurut data yang disampaikan oleh Markplus Insight dan Infobank, Indeks loyalty produk tabungan Bank Pembangunan Daerah mencatat peningkatan paling tinggi dibandingkan indeks loyalty tabungan konvesional, kartu kredit, maupun tabungan syariah. Dibandingkan tahun sebelumnya, peningkatan relationship indeks dan partnership indeks tabungan BPD jauh lebih tinggi dibandingkan peningkatan transaction indeksnya. Kondisi ini menunjukkan bahwa disamping berhasil meningkatkan kualitas pelayanannya, BPD juga berhasil membangun emotional attachment nasabahnya.(cap)