Gencar Lakukan Inovasi Berbasis E-Channel, Bank Jatim Jadi Tujuan Studi Banding Bank Lampung

Date: 29 may 2015

Categories :


Studi Banding Bank Lampung Ke Bank Jatim

Inovasi demi inovasi terus bankjatim lakukan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah. Inovasi yang dilakukan juga terus disesuaikan dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi perbankan yang semakin baik dari waktu ke waktu dalam memenuhi setiap kebutuhan aktivitas / transaksi keuangan nasabah.

Baik dari segi produk maupun layanan yang dikembangkan oleh bankjatim saat ini telah diupayakan untuk selalu dapat memenuhi seluruh kebutuhan tersebut dengan baik, salah satu diantaranya adalah dengan menerapkan layanan e-channel bankjatim yang saling terintegrasi satu sama lain sehingga semakin memudahkan nasabah dalam bertransaksi.

Layanan e-channel bankjatim yang sudah dapat dinikmati nasabah saat ini antara lain ATM bankjatim, SMS Banking 3366 & USSD, bankjatim Internet Banking, dan yang sedang dalam proses finalisasi adalah bankjatim mobile banking.

Pemimpin Divisi Dana Jasa & Luar Negeri bankjatim Revi Adiana Silawati mengatakan dengan layanan e-channel bankjatim tersebut maka kini nasabah tidak lagi harus repot-repot datang ke kantor cabang untuk melakukan transaksi keuangan karena seluruh kebutuhan transaksi keuangan mereka sudah dapat dilakukan melalui layanan e-channel.

“Dengan layanan e-channel bankjatim semua jadi praktis dan mudah, disana nasabah dapat melakukan semua aktifitas keuangan mereka mulai dari cek saldo, transfer uang kesesama ataupun bank lain, pembayaran tagihan telfon, PLN, TV berlangganan, kartu kredit, hingga pembelian pulsa, tiket pesawat dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan mudah kapanpun dan dimanapun nasabah berada,” terang Revi.

Layanan e-channel bankjatim ini juga terus dikembangkan agar dapat menjadi salah satu sarana pembayaran berbasis elektronik/online (e-payment) yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah salah satunya dalam hal pembayaran pajak.

Salah satu layanan e-payment pemerintah yang telah terkoneksi dengan saluran e-channel bankjatim adalah E-Samsat Jatim yaitu layanan pengesahan STNK tahunan dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor serta SWDKLLJ ( Jasa Raharja ) melalui e-Channel bankjatim. Dengan E-Samsat Jatim maka setiap nasabah bankjatim mendapatkan kemudahan dalam membayar pajak bermotor karena bisa dilakukan melalui saluran e-channel bankjatim tanpa perlu repot-repot datang ataupun antri membayar ke Samsat.

Sementara itu dengan adanya kerjasama layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (E-Samsat) yang berhasil difasilitasi oleh bankjatim melalui layanan e-channel ini menjadikan BPD Lampung tertarik melakukan kunjungan kerja ke bankjatim, Kamis (28/5).

Kunjungan kerja tersebut membahas mengenai mekanisme pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan layanan e-samsat jatim menggunakan saluran e-channel bank jatim.

Menurut Revi secara khusus BPD Lampung juga ingin memaksimalkan layanan e-channel mereka agar dapat memberikan kemudahan kepada nasabahnya oleh karena itu mereka melakukan kunjungan kerja ke bankjatim.

“Kunjungan kerja dari sesama BPD sudah sering bankjatim terima, seperti biasa bankjatim juga menyambut baik kunjungan dari BPD Lampung ini dengan membagikan pengalaman yang kami punya. Khusus untuk e-channel ini, kami rasa sudah saatnya bagi BPD mampu meningkatkan inovasi dibidang ini agar mampu bersaing ditengah industri perbankan yang semakin pesat ini,” jelas Revi.

Selain E-Samsat Jatim, layanan E-Payment dengan menggunakan e-channel bankjatim ini juga telah berhasil bankjatim bangun pada bidang lain seperti pada pembayaran penerimaan Negara (MPN G2), PPHTB, PBB, dan lain sebagainya.

Besarnya manfaat yang dapat dirasakan baik oleh nasabah maupun oleh bank dengan adanya layanan E-Payment menggunakan saluran e-channel ini, maka kedepannya bankjatim terus akan mengembangkan pada bidang lain. Hal ini merupakan komitmen bankjatim untuk terus dapat memberikan pelayanan yang terbaik. (cap)